Rekaman Black Box Adam Air Bocor?

11:05 PM / Posted by Risayogi Wicaksana Sitorus /

Akhirnya saya mulai menulis blog lagi. Kali ini agak panjang.

Ceritanya begini, kemarin tanggal 31 Juli 2008 malam saya seperti biasa online di forum kaskus, subforum the Lounge, tongkrongan mayoritas kaskuser. Nah, salah satu dari thread itu ada yang membahas tentang Adam Air. Penasaran, gw buka thread-nya.

Ternyata di dalamnya berisi link untuk download rekaman CVR (Cockpit Voice Recorder) yang diambil dari Black Box milik Adam Air yang jatuh 1 Januari 2007 lalu tersebut.

Awalnya sih saya agak curiga, lha masak iya rekaman penting seperti ini bisa bocor ke publik? Tapi karena penasaran, ya di-download juga.
Durasinya lumayan lama, 5 menit 36 detik. Bagian awal rekaman "hanya" berisi percakapan rutin kokpit dengan ATC (Air Traffic Control) yang kurang saya mengerti karena saya termasuk awam untuk urusan penerbangan.

Tapi tiba-tiba di bagian akhir rekaman mulai terdengar bunyi getaran hebat dan suara terpaan angin kencang yang menyambar kokpit. Pilot dan kopilot terdengar berusaha mengendalikan pesawat, tetapi sepertinya usaha mereka tidak berhasil dan pesawat jatuh ke laut disertai teriakan "ALLAHUAKBAR" berkali-kali oleh kedua pilot dan kopilot sebelum menghantam lautan. Terbayang oleh saya betapa horornya suasana di pesawat menjelang jatuh.


Labels:

0 comments:

Post a Comment