PSM UNPAD @ ISCF 2008

12:51 AM / Posted by Risayogi Wicaksana Sitorus /


Capek, tapi puas! Itu yang gw rasakan setelah PSM UNPAD berhasil menjadi peraih medali emas pada Indonesian Student Choir Festival 2008 yang diadakan pada 5-6 Desember di Usmar Ismail Hall, Jakarta.

Hari-hari sebelum kompetisi:
Jujur aja, persiapan gw bisa dibilang ancur. Gimana ngga, kompetisinya tanggal 5-6 Desember, gw dari 30 November-4 Desember malah ke Malaysia. Di sana gw berusaha latian sendiri yang tentunya ya ngga maksimal.

Tanggal 4 Desember gw balik ke Bandung naik pesawat Air Asia jam 15.40 (14.40 WIB) dengan harapan sesampainya di Bandung gw masih sempet ikutan latian terakhir di Bandung sebelum berangkat ke Jakarta, tapi ternyata karena alasan teknis pesawatnya di-delay sampe jam 18.30 (17.30 WIB). Aduh, tambah uring-uringan deh gw di bandara. Ditambah lagi dengan cuara buruk selama penerbangan ke Bandung, tambah stres gw... #@*!($%&

Akhirnya setelah sampe ke Bandung, gw langsung balik ke kos untuk packing barang-barang dan langsung berangkat lagi ke UNPAD Dipati Ukur untuk berangkat bareng naik bus ke Jakarta.

Sampe di Jakarta kita nginep di mess TNI AU di deket Halim. Nyaman banget mess-nya, tapi udara Jakarta yang panas kayak neraka bikin gila. Tapi emang gwnya udah capek, pas nyentuh itu yang namanya tempat tidur, langsung pulas deh gw.

Kompetisi, Hari 1:
Bangun tidur kuterus mandi. Ya, dengan badan yang basah kuyup oleh keringat (lebay deh) gw kudu mandi. Ga tahan banget dah. Trus kita latian dua lagu yang bakal kita bawa di babak penyisihan, Ohime, se tanto amate (Monteverdi) dan Mitten wir im Leben sind (Mendelssohn). Kelar latian dan istirahat, kita semua berangkat menuju Usmar Ismail Hall. Yeah, akhirnya tiba juga waktunya... Festival pertama gw bersama PSM UNPAD setelah jadi anggota selama 2,5 taun.

Yang bikin heran, udah nyampe di depan UIH kok kayak ga ada tanda-tanda kegiatan besar gitu. Pas kita masuk ke ruang persiapan paduan suara juga cuma ada satu paduan suara lain yang ada di sana, PS Paragita. Lha, pada kemana nih paduan suara yang lain? Ternyata pesertanya memang cuma dua, PS Paragita dan PSM UNPAD. WTF??!!

Setelah mendengar informasi yang beredar, katanya sih ini karena persiapan panitia yang memang kurang, ditambah lagi jadwal festivalnya bentrok dengan jadwal UAS di beberapa universitas, akibatnya jumlah peserta yang tadinya sepuluh berkurang jadi tinggal dua saja. Buset, ini mah jadi kayak deathmatch PS Paragita vs PSM UNPAD. Ya udah, yang penting kita tetep kudu tampil bagus, berapa pun jumlah pesertanya.

Di babak penyisihan (?) ini, PSM UNPAD dapet giliran tampil kedua, setelah PS Paragita. Lagu pertama Ohime, gw kaget banget. Teryata akustik Usmar Ismail kering!! Gile, gw nyanyi jadi ga pede gini... Untungnya di lagu kedua gw udah mulai terbiasa. So, akhirnya lewat juga tuh dua lagu.

Hari pertama kelar. Kita pulang, makan malem, trus cobain kostum buat besok, dan tidur.

Kompetisi, Hari 2:
Bangun tidur kuterus mandi. Bo'ong deng. Bosen gw kemaren mandi melulu. Makan dulu aja, ah. Jam 10 kita latian lagi. Ada dua lagu, Kyrie Eleison (Ivan Yohan) dan Yamko Rambe Yamko (Agustinus Bambang Jusana). Latian yang ini lebih menguras tenaga, soalnya lagu Yamko Rambe pake kareografi. Mana banyak gerakan baru lagi. Belajar kilat deh gw...

Kelar latian kita langsung beres-beres karena ga bakal balik ke mess lagi. Eh, pas banget kita udah pada masuk bus, tiba2 hujan deras. Untung aja... kalo telat dikit, kasian tuh yang cewe make-up nya luntur semua. :D Selama perjalanan, kita semua sibuk menghitamkan diri (iya lah... kan mau nyanyi lagu Yamko Rambe) dengan bedak, bukan arang ya...

Hari ini PSM UNPAD tampil duluan sebelum Paragita. Lagu pertama, Kyrie Eleison diwarnai oleh beberapa insiden kecil... ada beberapa bagian yang agak goyang notnya. Ugh, kacau deh.
Untung lagu kedua, Yamko Rambe Yamko, kita tampil cukup rapih dan enjoy banget!!

Kelar tampil, kita langsung masuk ke barisan penonton, pingin liat Paragita. Lagu pertama gw ga terlalu kenal, tapi lagu kedua mereka nyanyi Cing Cang Keling yang pastinya udah pada akrab di telinga anak2 PSM UNPAD. Bener kata Kang Arvin, anak2 Paragita nyanyinya rapih banget, ga kayak PSM UNPAD... :(

Kelar liat Paragita nyanyi, kita turun lagi ke bawah. Pada pingin bernarsis ria, foto2 sana sini. Trus kita juga sempet naik lagi ke panggung buat ngasih dua lagu hiburan, Soleram dan The Lion Sleeps Tonight (arr. Arvin Zeinullah).

Akhirnya tiba juga saat pengumuman. Deg2an dah gw. Gimana ngga, liat Paragita tampil rapih dan PSM UNPAD nyanyi ga bagus di lagu Kyrie, gw udah sempet pesimis. Apalagi pesertanya cuma dua, kalo ga juara satu, ya artinya kita juara terakhir. "If you ain't first, you're last!", kalo kata Ricky Bobby. Pemenang lomba diumumkan oleh salah satu juri, Ibu Aida Swensen, "Dan juara kedua Festival Paduan Suara Antar Perguruan Tinggi 2008 diraih oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas.................. Indonesia." Langsung deh anak2 PSM UNPAD loncat2, teriak2 kayak orang barbar lupa diri... HORRAAAYYY!!!!!!!!!! KITA MENANG!!!!! CIHUY!!!! ASYIK!!!!

Selamat buat PSM UNPAD!!! Semoga kemenangan ini bisa memacu kita semua untuk lebih semangat lagi dalam konser akhir tahun dan Festival Luar Negeri tahun depan!!!!

Labels:

3 comments:

Anonymous on January 1, 2009 at 9:24 PM

Hey :) lets learn about monetizing website with advertising program such as AdSense, AdBrite, Bidvertiser, Chitika, Clixsense, Nuffnang, Advertlets and more..

visit:

Click Here

Anonymous on January 3, 2009 at 2:03 AM

hore kita menang.. huhuu

Anonymous on February 1, 2009 at 11:03 PM

congrats!!!
jadi acara ke pangandaran itu buat ngerayain ini??

Post a Comment